Jahe Merah Dinilai Bisa Cegah Corona? Ini Khasiatnya

Apr 14 2020
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Instagram

jahe merah

Pandemi corona saat ini memang sangat menguras pemikiran kita bagaimana agar kita tidak terkena virus COVID-19, namun kali ini saya sedikit berbagi ilmu, bagaimana kita menjaga daya tahan tubuh? upaya apa yang harus di lakukan? simak artikel berikut ini.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah virus corona (COVID-19). Salah satunya meminum tanaman rimpang jahe merah yang dinilai bisa meningkatkan imunitas tubuh.
Berbagai penelitian memang menyebutkan jahe merah memiliki fungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri. Jahe merah tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia, seperti di daerah Jawa, Sumatra dan Sulawesi.

Misalnya penelitian Swarnalatha Dugasani seperti dikutip dari ncbi.nlm.nih.gov, jahe merah mengandung unsur kimia gingerol dan shogaol yang terbukti memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak terserang penyakit, bakteri dan virus berbahaya.

Selain berfungsi sebagai antioksidan, tanaman rimpang bernama latin Zingiber Officinale ini juga berfungsi sebagai antiemetic (antimuntah), antibakteri dan juga peradangan. Kadar gingerol pada jahe merah lebih tinggi dibanding jahe gajah yang ternyata paling sering digunakan masyarakat saat ini.

Kadar gingerol yang lebih tinggi, berat per rimpang yang lebih berat, dan kandungan minyak atsiri yang lebih banyak membuat jahe merah lebih efektif buat kesehatan masyarakat dibanding jahe gajah dan juga jahe emprit.

Seperti yang telah disarankan berbagai institusi kesehatan, untuk mencegah virus adalah dengan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut saat tangan kotor. Lalu hindari juga kontak langsung dengan hewan liar dan ternak, serta menggunakan masker saat aktivitas.

sumber : news.detik.com

Related Posts

Apakah anda ingin mengajukan restruktur ?